Sabtu, 10 November 2007

Sejarah Blogger

Ngeblog memang mengasyikkan dan bisa membuat orang lupa diri. Blog kini sudah menjadi perangkat wajib bagi para pengguna internet. Rasanya kurang lengkap kalau kita belum memiliki blog dijaman cyber ini. Blog menjadi suatu fenomena tersendiri di internet, membuat internet tidak melulu hanya milik para pemilik technology. Melalui blog, seseorang bisa menyuarakan aspirasinya di internet, tanpa perlu keluar banyak biaya. Sebagian besar situs di internet, kini berupa blog, dan juga nampaknya blog lebih “gaul” daripada website biasa. Harus diakui, kemajuan blog seperti sekarang ini, karena andil besar dari blogger.com dan wordpress.com.

Blogger (blogger.com) dimulai oleh sebuah perusahaan yang sangat kecil di San Fransisco yang bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999. Kala itu tengah terjadi booming dot com, dan blogger berusaha bersaing dengan situs dot com. Pendirinya tiga sekawan, pada awal menciptakan blogger, hanya iseng-iseng saja dan mereka berpikir “ini sepertinya menarik”. Awalnya, mereka di kontrak oleh suatu perusahaan besar untuk melakukan suatu proyek web untuk perusahaan besar itu, dan tiga sekawan itu mendapat dana dari sana.

Blogger dimulai dengan sangat sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun. Pada saat keruntuhan dot com terjadi, blogger ikut terkena dampaknya, mereka (tiga sekawan) nyaris bangkrut dan mereka mengalami masa-masa sulit. Saat itu mereka hampir tidak selamat, terpecah-pecah, tapi masih bisa mempertahankan layanan tetap berjalan sepanjang waktu dan mulai bangkit kembali.


Tahun 2002, mereka mulai mengalami kesenangan, mereka telah memiliki ratusan ribu users di tahun itu. Dan saat Google berniat membeli mereka, segalanya berubah. Akhirnya google membeli mereka (blogger) dan google menyukai blog. Ini sebuah timbal balik yang selaras. Kini blogger merupakan tim kecil di google, mempunyai misi untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.

Tidak ada komentar: